Kunjungan Belajar Pengelolaan Dana Lingkungan terkait Program Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Berbasis Lahan dengan Skema Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) Carbon Fund dari Pemerintah Provinsi dan Mitra Pembangunan.

Senin 19 Juni 2023, Perkumpulan Mandala Katalika bersama Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Sub Dit Lingkungan Hidup dan Sub Dit Kehutanan) melakukan kunjungan belajar terkait penerapan dana lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur. Rombongan diterima oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur Noor Utami beserta jajarannya, termasuk Dewan Daerah Perubahan Iklim Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan kunjungan belajar dan audensi ini dilaksanakan dalam rangka penajaman penyusunan petunjuk teknis lembaga pengelolaan dana lingkungan hidup daerah oleh Kemendagri bersama Perkumpulan Mandala Katalika dengan dukungan dari Ford Foundation.

Secara khusus, kunjungan belajar ingin mendengar secara langsung pengalaman pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Timur dalam Program Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Berbasis Lahan dengan Skema Forest Carbon Partnership Facility-Carbon Fund. Sebagai mana kita ketahui, Provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang  sudah melakukan dan menjalankan pengelolaan dana lingkungan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menjalankan program pilot project Program FCPF-Carbon Fund, yang mana program ini merupakan fasilitas insentif penurunan emisi gas rumah kaca dari Bank Dunia dengan skema pembayaran berbasis kinerja.

Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Pathur dari PMU Program FCPF Provinsi Kalimantan Timur dan Prof Dr Daddy Ruhiyat, Ketua Harian Dewan Daerah Perubahan Iklim Kalimantan Timur. Secara bergantian, kedua narasumber menyampaikan materi dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Rombongan mendapatkan penjelasan yang komprehensif dari pemerintah daerah perihal latar belakang FCPF di Provinsi Kalimantan Timur hingga implementasi program FCPF di Provinsi Kalimantan Timur.

Pengalaman dan pembelajaran dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam pelaksanaan program FCPF Carbon Fund ini menjadi masukan yang berharga bagi Kemendagri dan Perkumpulan Manka yang sedang dalam proses kajian kelembagaan serta penyusunan petunjuk teknis lembaga pengelolaan dana lingkungan hidup daerah. Selain itu juga bisa menjadi pembelajaran bagi Pemerintah Daerah lainnya terkait dengan mekanisme pembagian manfaat.

Setelah pagi harinya belajar dari pemerintah provinsi, rombongan melanjutkan agenda dengan melakukan diskusi informal bersama 4 perwakilan mitra pembangunan yaitu AMAN Kalimantan Timur, Landscape Indonesia, Yayasan Jejak Pulang dan Yayasan Konservasi Konservasi Alam Nusantara.

Artikel lainnya