Para siswa dari berbagai sekolah di wilayah sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, antusias saat mengikuti Kemah Konservasi 2023 pada Jumat (18/8)hingga Minggu (20/8) di Bukit Bangkirai, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pungky Widiaryanto, selaku Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Selain itu, beliau menyampaikan visi dan misi IKN sebagai kota hutan yang menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati.

“Karena memang pelajar SMP SMA ini kan generasi yang akan menjadi tulang punggung masa depan IKN, terutama yang ada di daerah Sepaku, Samboja dan sekitarnya,” ungkap Pungky.

Mandala Katalika (Manka) hadir dan menjadi salah satu penggerak dalam kegiatan tersebut yang memang berfokus pada konservasi. IKN sendiri erat kaitannya dengan konservasi satwa, yang salah satunya ialah pelestarian orang utan.

Pungky Widiaryanto menambahkan, para siswa ini nantinya akan menjadi penduduk sekaligus menjadi calon penggerak dari IKN itu sendiri. “Dan itu menjadi penting bagi kami, terutama untuk memulai memberikan pemahaman terkait dengan konsistensi satwa, tentang lingkungan dan alam kepada anak-anak SMP dan SMA,” paparnya.

Agenda yang dilaksanakan antara lain pembekalan dari forum lintas agama mengenai pelestarian hutan tropis, movie night bertema konservasi orangutan, jungle track atau jelajah hutan yang diisi dengan penyampaian materi dari Otorita IKN dan mitra pendukung termasuk Manka. Selama kegiatan para peserta diwajibkan mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk video untuk diikut sertakan dalam lomba reels dan diumumkan pada akhir acara. Agenda lain yang tidak kalah menarik yaitu talkshow dengan tema IKN sebagai kota ramah satwa dan malam keakraban.

Di hari terakhir, acara ditutup di titik 0 IKN yang disiarkan secara langsung (live streaming) yang berisi penyampaian pesan dan kesan terhadap kegiatan kemah konservasi serta harapan kedepannya untuk IKN dari perwakilan peserta.

Link live streaming dapat dilihat di sini

Kedepannya kegiatan kemah konservasi ini dapat dilaksanakan secara berkalanjutan dengan lingkup lebih luas.

Artikel lainnya