Salah satu outcome dari Mandala Katalika (Manka) adalah meningkatkan inklusivitas dalam isu perubahan iklim, yaitu dengan meningkatkan peran aktif generasi muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian alam dan pencegahan perubahan iklim. Oleh karena itu, Manka mendukung kegiatan educamp yang diprakarsai Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin) di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Kegiatan diselenggarakan pada 17 – 19 November 2023 lalu dengan mengusung tema “Peran Generasi Muda Untuk Melestarikan Hutan dan Orangutan: From The Forest To The Future Youth Taking The Lead For Orangutan”.

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada generasi muda mengenai pentingnya konservasi orangutan, keanekaragaman hayati, dan hutan hujan tropis. Peserta kegiatan merupakan siswa SMA dari 11 Sekolah di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.  Kegiatan ini juga merupakan bagian dalam peringatan Orangutan Caring Week atau Pekan Peduli Orangutan.

Dalam kegiatan tersebut, Manka diwakilkan oleh Gusti Wicaksono selaku Kalimantan Liaison Officer menjadi narasumber untuk memberikan materi peningkatan peran anak muda untuk konservasi keanekaragaman hayati, dan memotivasi semangat para generasi muda untuk turut berpartisipasi aktif dalam mengenal dan mendukung kegiatan pelestarian hutan dan keanekaragam hayati. Selain Manka, narasumber dalam kegiatan tersebut hadir Yayorin, BKSDA SKW II Pangkalan Bun dan Willy Ekariyono dari Nature and Wildlife Photography.

Iman Sapari, selaku Direktur Yayasan Orangutan Indonesia, mengungapkan educamp adalah salah satu metode pendidikan konservasi lingkungan yang mengajak peserta untuk mengeksplorasi potensi kawasan melalui kegiatan lapangan yang dikemas secara rekreatif edukatif. Materi disampaikan dalam bentuk presentasi, praktik lapangan, dan permainan sehingga lebih menyenangkan.

Tidak kalah menarik di hari kedua para peserta diajak field trip  ke Taman Nasional Tanjung Puting untuk merasakan langsung pengalaman ke habitat orangutan dan melihat secara langsung orangutan. Selama kegiatan para peserta diwajibkan mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk video yang kemudian diunggah kedalam link yang disediakan panitia. Di hari terakhir, acara ditutup di kampung konservasi dan penyampaian pesan dan kesan serta tindakan lanjutan dari kegiatan educamp kali ini.

Juliarta Bramansa Ottay selaku direktur Perkumpulan Madala Katalika (Manka) dalam kesempatan terpisah menyampaikan harapan para peserta yang ikut dalam kegiatan educamp ini akan tumbuh dengan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya menjaga lingkungan, hutan dan keanekaragaman hayati  serta memiliki komitmen untuk bertindak mengatasi perubahan iklim. “Dalam jangka panjang, generasi muda ini akan menjadi pemimpin masa depan yang berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mewariskannya kepada generasi berikutnya. Dengan semangat dan keyakinan tersebut tentu Manka akan selalu mendukung berbagai kegiatan edukasi seperti halnya educamp ini,” ungkap beliau.

Artikel lainnya