Mandala Katalika (Manka) bersama dengan Golkar Institute melakukan kerjasama Ko-Kreasi Program Pengembangan Kapasitas dan Promosi Keberlanjutan Lingkungan bagi Pembuat Kebijakan Indonesia di Masa Depan. Acara penandatangan kerjasama ini dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2024 lalu bertempat di gedung DPP Golkar, Jakarta.

Pada kesempatan penandatanganan kerjasama ini dari Manka hadir Ketua Perkumpulan Mandala Katalika, Juliarta Bramansa Ottay dan dari Golkar Institute hadir Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute, Dr.TB.H. Ace Syadzily, M.Si yang hadir di damping oleh Kepala Akademik Golkar Institute, Mulya Amri, Ph.D. Program kerjasama ini akan memfasilitasi berbagai dialog dan beasiswa bagi penggiat isu lingkungan dalam program pendidikan di Golkar Institute.


Tampak Ketua Perkumpulan Mandala Katalika Juliarta Bramansa Ottay bersama dengan Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute, Dr.TB.H. Ace Syadzily, M.Si sedang melakukan proses penandatanganan kerjasama.

Manka mendukung pengarusutamaan isu iklim serta keterlibatan publik dan pegiat isu lingkungan terutama generasi muda di dalam program pendidikan politik yang dilakukan oleh Golkar Institute. Hal ini sejalan untuk Golkar Institute yang memiliki komitmen dalam isu lingkungan dan perubahan iklim melalui pendidikan bagi politisi muda di masa depan.

Dalam keterangannya, Ketua Perkumpulan Mandala Katalika (Manka) menyampaikan Manka sebagai katalis mendorong berbagai inisiatif lingkungan dari berbagai aspek dan wilayah di Indonesia. Termasuk untuk mendorong inklusivitas isu iklim melalui berbagai program. Bersama Golkar Institute adalah salah satu bentuk implementasi Outcome 3 Manka untuk membangun kebijakan iklim yang inklusif dan efektif.

“Dari perkumpulan Mandala Katalika merasa sangat terhormat bisa diberi kesempatan untuk mendukung bagian dari kegiatan Golkar Institute. Kita melihat Golkar Institute melakukan terobosan bagaimana menjaring anak-anak muda untuk lebih peka terhadap politik dan ini sangat penting di Indonesia. Terlebih lagi dengan kerjasama ini kami bisa mendukung Golkar Institute dalam pendidikan terutama dalam isu iklim. Bagi kami ini adalah sesuatu yang luar biasa bagaimana partai besar di Indonesia memiliki visi yang luas dan keterbukaan dalam mendukung isu krisis iklim,”ungkap Juliarta Bramansa Ottay dalam sambutannya.

Dan dari Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute, Dr.TB.H. Ace Syadzily, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan, “Kami atas nama Golkar Institute menyampaikan terima kasih kepada Perkumpulan Mandala Katalika atas kerjasama ini. Tentu akan sangat membantu kami dalam berbagai kegiatan dalam rangka menjadikan isu perubahan iklim dan krisis iklim sebagai suatu isu utama dalam proses pengambil kebijakan terutama bagi para pemimpin yang selama ini belajar di Golkar Institute. Dan, kami untuk  kedepan akan terus memiliki perhatian khusus terhadap isu perubahan iklim yang tentunya harus menjadi perhatian kita semua.”

Golkar Institue memang memiliki komitmen dalam isu lingkungan dan perubahan iklim melalui pendidikan bagi para politisi muda. Contohnya adalah untuk terus mendorong penerapan ESG dan pencapaian SDGs. Di sisi lain Dr.TB.H. Ace Syadzily, M.Si juga memiliki komitmen dan ketertarikan yang kuat terhadap isu lingkungan dan bencana alam yang ditunjukkan dengan beliau menjabat sebagai Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Perubahan Iklim Nahdlatul Utama (LBPI NU).

Menambahkan sambutannya, Juliarta Bramansa Ottay mengucapkan, “Terima kasih pada Golkar Institute atas keterbukaannya pada publik. Politik adalah hal yang baik untuk kehidupan bersama dan mari bentuk masa depan yang baik untuk Indonesia.”


Foto bersama setelah acara penandatanganan kerjasama dilakukan.